9 Tips Menjaga Baterai Smartphone Agar Lebih Awet

9 Tips Menjaga Baterai Smartphone Agar Lebih Awet - Hallo Sahabat Semua Coretan Cipcip, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Smart Phone, Tips & Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga



Sebuah dilema yang harus dihadapi oleh sebagian besar pengguna smartphone di Indonesia adalah  bahwa  baterai smartphone yang mereka gunakan tidak dapat bertahan lama.

Sebagian besar aplikasi smartphone mengonsumsi baterai dengan sangat rakus sehingga baterai smartphone kamu dipastikan cepat habis. Adapun cara untuk menghindari baterai smartphone agar tidak cepat habis, adalah sebagai beikut:

1. Setting Brightness Smartphone ke paling rendah


Dengan mengurangi intensitas cahaya yang dihasilkan oleh layar smartphone, maka kamu juga mengurangi pemakaian baterai secara signifikan. Asal kamu tahu, bagian layar merupakan komponen smartphone yang mengonsumsi baterai terbesar dibandingkan dengan komponen lainnya.

2. Matikan GPS,  Bluetooth, WiFi Jika Tidak Digunakan


Jika kamu sedang tidak bepergian dan tidak menggunakan fitur GPS alangkah baiknya kamu matikan fitur GPS. Begitu juga dengan Bluetooth, apabila kamu tidak sedang menggunakannya maka lebih baik dimatikan saja. Serta fitur smartphone lainnya yang tidak sedang digunakan maka alangkah baiknya dimatikan saja. Karana fitur seperti GPS, Bluetooth, dan WiFi merupakan fitur yang akan selalu mencari sinyal dan device yang ada sehingga cukup menguras baterai smartphone kamu.

3. Selalu Matikan Aplikasi yang Tidak Digunakan


Setelah menggunakan suatu aplikasi, jangan lupa untuk mematikannya ya agar menghindari konsumsi data yang berlebihan dan menghemat bateraimu. Gunakan taksmanager untuk mematikan aplikasi yang sedang berjalan.

4. Matikan Fitur Getar

Jika kamu sudah menggunakan nada dering atau suara maka alangkah baiknya kamu matikan saja fitur getar pada smartphone kamu. Karena tidak efektif kalau sudah menggunakan nada dering dan kamu juga masih menggunakan fitur getar.

5. Gunakan Fitur Sync dengan Tepat

Fitur Sync di Android tidak harus selamanya dinyalakan, karena itu merupakan fitur yang kami kira tidak membutuhkan aktivitas yang rutin. Nyalakan Sync hanya disaat kamu sedang men-charge saja ya untuk tetap menjaga bateraimu awet.

6. Gunakan WiFi Dibandingkan Paket Data

Menggunakan WiFi akan mengurangi pusingmu terhadap cepatnya baterai berkurang, karena dengan menggunakan WiFi, maka aktivitas pencarian sinyal internet yang dilakukan oleh smartphonemu juga akan dimatikan secara otomatis sehingga baterai tetap awet.

7. Kunci Smartphonemu Ketika Tidak Digunakan


Selain mematikan layar, mengunci smartphonemu juga membuat sistemnya berada dalam kondisi Sleep sehingga konsumsi baterai yang digunakan pun lebih sedikit.

8. Jaga Smartphonemu Dari Suhu yang Ekstrim

Baterai smartphonemu tidak akan bertahan secara optimal apabila berada di suhu lingkungan yang terlalu panas maupun yang terlalu dingin. Maka dari itu tetap pertahankan smartphone-mu di lingkungan dengan suhu yang tidak terlalu panas atau tidak terlalu dingin.

9. Jangan gunakan animatel wallpaper

Animatel atau wallpaper bergerak akan lebih banyak memakan baerai smartphone kamu dibandingkan dengan wallpaper tidak bergerak. Jadi sebisa mungkin jangan gunakan wallpaper gambar bergerak agar baterai smartphone kamu lebih awet.

Sekianlah artikel 9 Tips Menjaga Baterai Smartphone Agar Lebih Awet kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Subscribe to receive free email updates: