Menghapus Virus di Android tanpa Antivirus

Menghapus Virus di Android tanpa Antivirus - Hallo Sahabat Semua Coretan Cipcip, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Android, Tips & Trik, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Baca juga


Apakah HP android kamu terkena virus? Maka sebelum kamu menginstal Antivirus alangkah baiknya Kamu coba tutorial ini. Yaitu Cara Menghilangkan Virus di Android Tanpa menggunakan Antivirus.

Langkah pertama

Masuk ke safe mode
Masuk ke Safe Mode akan memungkinkan Android kamu untuk beroperasi lebih ringan karena hanya menjalankan aplikasi inti yang dibawa sistem. 


Saat berada di Safe Mode, semua aplikasi yang kamu instal akan hilang. Tapi tenang, aplikasi tersebut bukan hilang selamanya, hanya sementara saat berada di Safe Mode saja. 


Jadi, saat di Safe Mode kamu bisa leluasa berpindah antar sistem aplikasi tanpa kendala, memudahkan kamu juga untuk mengecek atau membersihkan file-file tidak penting, seperti file cache.

Cara masuk ke Safe Mode tiap perangkat Android berbeda-beda. Namun, rata-rata adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume saat proses booting. 

Langkah kedua

Cek Aplikasi di Safe Mode
Saat berada dalam Safe Mode, silakan cek aplikasi yang terinstal. Caranya masuk ke Settings - Apps, lalu pilih tab Downloaded

Sistem akan menghilangkan semua daftar aplikasi pihak ketiga di Safe Mode, tapi karena virus termasuk dalam sistem, maka virus akan terlihat sebagai aplikasi pihak ketiga namun dapat menjalankan fungsi sistem. 

Jika Android kamu terinfeksi virus, maka akan muncul aplikasi asing yang tidak pernah kamu instal di Android kamu.

Langkah ketiga

Hapus Aplikasi yang Mencurigakan
Jika kamu menemukan aplikasi yang mencurigakan, maka kamu klik aplikasi tersebut dan pilih Uninstall


Pada satu kasus, kamu mungkin menemukan aplikasi asing tersebut tidak dapat di-uninstall, karena aplikasi itu telah memberikan akses administrator.


Langkah keempat

Hapus Akses Administrator Aplikasi yang tidak dikenal
Saat menemukan aplikasi yang tidak dikenal (asing) yang memberikan akses administrator pada dirinya sendiri, tugas kamu adalah menghapus akses administratornya. 

Caranya, keluar dari Application Settings, lalu masuk ke Settings - Security - Device Administrator. Hilangkan akses administrator aplikasi mencurigakan tersebut. 


Selanjutnya, kembali ke Application Settings dan periksa aplikasi mencurigakan tadi, harusnya sekarang kamu sudah bisa menghapusnya.

Langkah Kelima

Keluar dari safe mode dan Restart
Setelah proses penghapusan aplikasi yang tidak dikenal (mencurigakan) selesai, langkah selanjutnya kamu tinggal keluar dari Safe Mode. Caranya dengan melakukan proses Restart seperti biasa.


Sekianlah artikel Menghapus Virus di Android tanpa Antivirus kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Subscribe to receive free email updates: